JENIS JENIS KAPAL NIAGA

1. KAPAL PENUMPANG

Jenis-jenis kapal pertama yang dapat dijelaskan Memang adalah jenis kapal dari spesies yang merupakan kategori spesies kapal-kapal naga ups....maksudnya kapal niaga atau dalam bahasa penjajah disebut commercial Ship atau disebut juga merchant ship. Jenis kapal niaga sangat banyak tergantung dari apa benda atau barang yang akan dimuat. Secara garis besar, kapal niaga dibagi dua jenis yaitu Kapal Barang (cargo ship) dan kapal penumpang (Passanger Ship).
 

*
1.Kapal barang atau kapal kargo adalah segala jenis kapal yang membawa barang-barang dan muatan dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Ribuan kapal jenis ini menyusuri lautan dan samudra dunia setiap tahunnya - memuat barang-barang perdagangan internasional. Kapal kargo pada umumnya didesain khusus untuk tugasnya, dilengkapi dengan crane dan mekanisme lainnya untuk bongkar muat, serta dibuat dalam beberapa ukuran.


2. Pengertian Kapal Penumpang (Passenger Ship)?

Kapal penumpang adalah suatu kapal yang digunakan maskapai perkapalan atau persendirian dengan muatan utamanya adalah penumpang atau orang. Sedangkan kapal barang/kargo yang memiliki ruangan akomodasi untuk memuat penumpang secara terbatas tidak bisa di kategorikan sebagai kapal penumpang. 

 
 3.Kapal Tongkang (Barge)

Kapal laut yang dibangun untuk transportasi dengan membawa muatan seperti batu bara, kayu, dll. Beberapa tongkang tidak memiliki mesin (Propelled) sehingga harus ditarik oleh kapal tunda atau didorong oleh tow boats.



4.Semi-Submersible atau Kapal Angkat Berat

Kapal laut yang dirancang untuk memindahkan beban yang sangat besar. Tipe semi-submersible mampu mengangkat kapal lain keluar dari air dan mengangkutnya untuk menambah fasilitas bongkar di pelabuhan.










5.Kapal Floating Production, Storage, and Offloading (FPSO)
Kapal laut terapung yang dioperasikan di suatu ladang minyak dan gas bumi lepas pantai. Unit tersebut melakukan proses produksi, menyimpan, dan diturunkan ke kapal tanker atau diangkut melalui pipa.




6.Kapal Pasokan Platform (Platform Supply Vessel - PSV)

Kapal laut yang dirancang khusus untuk memasok platform minyak lepas pantai. Kapal ini memiliki panjang antara 65-350 meter dengan fungsi utama sebagai transportasi barang dan personil dari dan ke platform/bangunan lepas pantai dan struktur lepas pantai lainnya. 

Komentar